Jumat, 15 Januari 2010

TUGAS ILMU BUDAYA DASAR

Tugas Ilmu Budaya Dasar

Nama : Putri andriyani

Kelas : 1PA03

NPM : 11509170

Sekarang ini , perubahan kebudayaan sudah sangat banyak terjadi di berbagai daerah. Perkembangan zaman lah yang mempengaruhi semua itu, termasuk perkembangan teknologi dan informasi.

Saat ini banyak kebudayaan Timur yang sudah hilang akibat masuknya kebudayaan Barat.Pada saat ini di daerah persawahan sudah banyak yang tidak memakai peralatan tradisional melainkan peralatan modern.

Dahulu orang masih menggunakan cangkul dan tenaga kerbau untuk membajak sawah,tetapi saat ini petani lebih menggunakan tenaga mesin seperti tracktor untuk membajak sawah.

Kesenian Indonesia sudah bervariasi,contohnya tarian.Dulu orang indonesia memakai tarian daerah di setiap pertunjukan,tetapi saat ini sudah banyak tarian modern yang lebih digunakan,contohnya breakdances.

Keuntungan dari datangnya budaya Barat masuk ke timur adalah tekhnologi Indonesia menjadi lebih maju di banding pada jaman dahulu,tetapi kerugiannya adalah banyak orang-orang indonesia yang berpakaian dengan gaya barat.


Manusia dan Penderitaan


Pada saat terjadi gempa di Padang saya merasa sangat sedih,karena banyak sekali korban luka-luka hingga korban tewas.Apa lagi saya memiliki keluarga yang pada saat itu sedang berada di Padang.


Saya sangat khawatir karena sampai tiga hari saya tidak mendapatkan kabar tentang mereka,akhirnya keluarga mengutus perwakilan untuk pergi ke Padan untuk melihat keadaan keluarga kami tersebut.

Akhirnya setelah perwakilan keluarga kami tiba disani,kami mendapat kabar baik karena keluarga kami selamat.



Pemecahan Masalah

- HUKUM -

Hendaknya diadakan system pengamanan yang lebih sering memantau kawasan tersebut. Jika ada yang melakukan tindakan asusila, harus langsung di tindaklanjuti.

- AGAMA -

Kita harus mencegah perbuatan yang menjurus kepada zinah. Mau tidak mau pemilik tempat itu harus dihadapi pada 2 pilihan. Yaitu, menutup taman tersebut atau mengubah tempat itu menjadi tempat hiburan yang lebih ramai.

- SOSIAL-

Sebagai manusia, kita harus sadar tempat. Tidak seharusnya tempat istirahat yang bagus tersebut, malah di jadikan tempat berbuat dosa. Dan hendaknya apabila ada pengunjung yang melihat kejadian tersebut, memperingatkan pelaku perbuatan itu.

Hasil Kesimpulan

Jadi sebagai manusia, kita harus ingat dengan dosa- dosa yang telah kita lakukan. Dan kita juga kita tidak boleh memanfaatkan tempat sepi sebagai tempat mesum , kita harus bisa memilih tempat jika ingin menujukan kasih sayang, lagipula kalu kita belum terikat sebagai suami istri, tidak seharusnya melakukan perbuatan yang tidak boleh dilakukan.

MANUSIA dan PENDERITAAN

Sebagai manusia, kita sering marasakan kebahagiaan dan penderitaan. Disaat bahagia, kita merasakan senang yang tidak tertandingi rasanya. Begitu pula dengan penderitaan . disaat menderita, ketika itu juga kita merasa semua jadi tidak ada artinya, termasuk diri kita sendiri. Kita jadi merasa bingung dan frustasi.

Menurut saya, penderitaan merupakan suatu perasaan sedih yang disebabkan oleh kejadian yang sebenarnya adalah cobaan. Saya yakin, semua orang pasti pernah merasakan penderitaan,sebahagia apapun orang tersebut.

Penderitaan ada 2 jenis. Yaitu penderitaan fisik dan penderitaan psikis. Penderitaan fisik adalah penderitaan pada fisik seseorang. Sedangkan penderitaan psikis adalah penderitaan pada kejiwaan sesorang.

Saya pernah mengalami penderitaan psikis. Akhir-akhir ini, saya sedang mengalami krisis pendapatan. Uang simpanan saya pun sudah mulai menipis. Padahal kebutuhan perkuliahan makin banyak. Mau beli ini tidak bisa, mau beli itu susah, mau ke sini ga punya ongkos, mau fotokopi uang sekarat. Benar-benar sangat menderita. Inginnya, minta lagi sama orang tu, tapi minggu lalu sudah dikasih. Entah saya yang boros, atau memang banyak sekali kebutuhan, uang saya cepat sekali habis. Saya bingung, harus bagaimana mengatasinya. Akhirnya, saya putuskan untuk mengirit se-extrim mungkin. Benar-benar penderitaan batin yang berat.

TUGAS MATA KULIAH ILMU BUDAYA DASAR

Manusia dan Tanggung Jawab

Soal :

  1. Apa latar belakang / penyebab masalah / kasus tersebut timbul?
  2. Siapakah tokoh – tokoh yang terkait / terlibat ? Bagaimanakah rasa tnaggung jawab, pandangan hidup tokoh tersebut ?
  3. Bagaimana penyelesaian kasus tersebut berdasarkan tanggung jawab atau pandangan hidupnya ?
  4. Apa peranan lembaga, badan, organisasi, yang terkait / terlibat ?

Jawab :

Masalah : Pencemaran nama baik bapak Presiden dalam kasus KPK

  1. Latar belakang : Dugaan penyalahgunaan wewenang dan pemerasan / penyuapan terhadap Bibit dan Chandra memicu kontroversi.
  2. Tokoh-tokoh :

- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

- Bibit Rianto

- Chandra Hamzah

- Joko Suyanto

- Tim 8 yang dipimpin Adnan Buyung Nasution

- Kepala POLRI, Bambang Hendarso Danuri

Rasa tanggung jawab :

  • Bapak Presiden mengurai benang kusut antara Bibit dan Chandra, serta mencarikan jalan keluar dengan membentuk Tim 8 dengan tujuan untuk memverifikasi fakta yuridis dan melaporkannya pada Presiden
  • Bibit dan Chandra berusaha membela dan mencari bukti untuk membuktikan bahwa diri yang tidak bersalah
  • Kepala POLRI mencari bukti apakah Bibit dan Chandra terbukti bersalah.
  1. Cara Penyelesaian : Mengedepankan prinsip kepastian hukum, mempertimbangkan moralitas dan rasa keadilan masyarakat, serta memiliki sensitifitas politik tinggi. Setelah kasus itu terselesaikan, segera mengambil langkah menata ulang system peradilan pidana untuk menunjang pemberantasan korupsi, serta memberantas mafia peradilan.
  2. - Komisi 3 DPRD

- Kejaksaan Agung

- KPK

- Kepolisian

- Tim 8

Peranan : memverifikasi fakta yuridis & melaporkan kpd Presiden

Nama kelompok :

- Fauzia Herlianis

- Putri Adriyani

- Putri U.K

- Tuti. S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar